Tuesday, June 7, 2011

Ida I Dewa Gde Sukahet Jumeneng di Puri Taak

Om Awighnam astu namo sidhham.
Om Sidhirastu tad astu swaha
Sujud sembahku kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dan kepada Leluhur

Semoga tidak terkena aral rintangan

Pemedal Puri Agung Batubulan dahulu bernama Jro Gede Batubulan

Puri Taak, sangat mungkin sekarang adalah Puri Agung Batubulan? Tonggak sejarah yang bisa ditelusuri adalah dengan adanya sampai sekarang nama-nama seperti Uma/ Carik Taak, Pura Dalem Taak, Setra Taak yang lokasinya di sekitar Puri Agung Batubulan. Sampai sekarang masyarakat Batubulan meyakini cerita yang berkembang di masyarakat Batubulan, bahwa Puri Agung Batubulan adalah bekas tempat tinggal, rumah Sengguhu Taak yang karena policy Penguasa Badung waktu itu I Gusti Ngurah Jambe Pule, I Sengguhu Taak dipindahkan tempat tinggalnya ke sebelah timur Puri, ke tempat yang banyak ditumbuhi alang-alang, maka dusun tersebut disebut Pengambengan (Pegambangan).

Sekarang diceritakan, sesudahnya Ida I Dewa Gde Sukahet (I Dewa Karang/I Dewa Kalesan putra dari I Dewa Paduwungan warih dari Ida I Dewa Sumrreta/Ksatria Sukahet di Puri Denbancingah, Klungkung) Jumenek di Puri Taak, ngambil isri prami bernama I Dewa Ayu Pedungan, putri I Dewa Gde Pemeregan dari Puri Kalah, Batubulan.Dari perkawinan ini lahir I Dewa Gde Pameregan dan dari istri penawing lahir I Dewa wayan Panenjoan, Puri di Kapal, Batubulan. dari istri Ni Gusti Ayu Pinatih lahir I Dewa Wayan Tanjung dan I Dewa Made Tanjung. Dari istri penawing yang lain lahir I Dewa Wayan Badung, I Dewa Ketut Kuta, Puri Tegehe, I Dewa Gde Batanancak, Puri Kalah Batubulan(Ibu Prasanghyang).

Dari sekian putra-putra beliau yang dinobatkan di Puri Taak adalah I Dewa Gde Pemeregan, mempunyai 9 orang putra dan 7 orang putri yaitu: I Dewa Rai Guwang, I Dewa Gde Dukuh, I Dewa Gde Ngurah, I Dewa Made Batan, I Dewa Ketut Tegel, I Dewa Wayan Muntur, I Dewa Made Muntur, I Dewa Nyoman Badung, dan I Dewa Gde Rai, ibu prami dari Klungkung saudara dari I Dewa Ketut Karang. Dan untuk putri perempuan yaitu: I Dewa Ayu Pemeregan, kawain dengan Brahmana Guwang/Sukawati, I Dewa Ayu Pinatih keambil oleh Ida Pedanda Alang Kajeng dari Griya Taman Intaran Sanur, I Dewa Ayu Jambe, I Dewa Ayu Tubuh, I Dewa Ayu Raka, I Dewa Ayu Puseh, I Dewa Ayu Made Tubuh.

Yang akan dinobatkan di Puri Taak untuk menggantikan ayahandanya adalah, I Dewa Gde Rai karena ibu prami dari Puri Klungkung. Tampaknya pada waktu itu, Taak/ Batubulan dibawah pemerintahan I Dewa Gde Pameregan masih masuk wilayah Badung. Pada masa Pemerintahan I Dewa Gde Pameregan di Batubulan wilayah ini terus menjadi rebutan antara kerajaan Gianyar dengan Kerajaan Badung, ini terbukti nanti di Puri Taak terjadi prahara pada waktu pergantian kepemimpinan dari I Dewa Gde Pameregan kepada putranya I Dewa Gde Rai. Prahara tersebut merupakan persekongkolan antara saudara Raja I Dewa Made Lukluk dengan penguasa Gianyar yaitu I Dewa Agung Manggis yang mengakibatkan Raja I Dewa Gde Rai terbunuh di Payangan dan saudara Raja I Dewa Made Muntur terbunuh di Bangli. karena merasa tidak aman jiwa dan memutuskan untuk mengungsi ke daerah  Kesiman, setelah itu membuat Puri di Pohmanis, sebagai penguasa benteng wilayah Badung sampai sekarang.

Di Tegehe (Desa Tegehe,Batubulan) antara I Gusti Ngurah Kajanan dengan I Dewa Gde Pemeregan mengadakan pasubayan, ikrar bersama yang isinya, bahwa: "Inggih I Dewa Gde Pameregan antuk swecan I Dewa, sekantun titiang madeg Agung ring jagat Badung, I Dewa Kantun ring jagat Badung, ala ayu ngiring sareng mangda tumus ngantos ke putra kayang kawekas", ikrar bersama ini dilakukan mengingat bahwa I Dewa Gde Pemeregan sudah menyelamatkan jiwa dari penguasa Badung yaitu I Gusti Ngurah Kajanan pada waktu peristiwa di Tukad Ceng-ceng, Sukawati.

Masa-masa pengungsian dan pembuatan Puri di Pohmanis serta tonggak sejarah berupa Pusaka Agung Kris Pajenengan akan dibahas pada posting selanjutnya
Sumber: Babad Ksatria Sukahet berdasarkan atas Prasasti ring Pemrajan Agung Pohmanis


No comments:

Post a Comment